Fungsi, Dosis, Bahaya & Aturan Penggunaan Obat Dopamine

TERUS SEHAT - Dopamine adalah neurotransmiter penting yang terdapat pada otak manusia dan memiliki fungsi sebagai pengantar pesan atau rangsangan antar saraf juga sebagai hormon. Biasanya molekul kecil ini dilepas saat sebuah saraf terangsang untuk menstimulasi saraf lainnya yang lokasinya berdekatan.

Dalam organ otak, Dopamine terlibat dalam proses berpikir, mencerna segala sesuatu, pergerakan, kepuasan, motivasi, dan lainnya. Beberapa jenis narkotika bisa memengaruhi saraf-saraf pelepas dopamine sehingga produksinya menjadi tinggi.
Fungsi, Dosis, Bahaya & Aturan Penggunaan Obat Dopamine

Selain digunakan untuk pengobatan jantung, fungsi dopamine juga bisa digunakan untuk menangani gangguan aliran darah ke pembuluh-pembuluh darah kapilar (perfusi buruk), kondisi terkejut atau penurunan kesadaran akibat infeksi bakteri yang berat (septikemia endotoksik), gagal ginjal bahkan tekanan darah tinggi akut.

Tentang Obat Dopamine Adalah

Dopamin adalah jenis obat janting golongan obat resep yang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan dari tua dan muda, dewasa dan anak.

Dopamin biasanya diberikan pada penderita yang membutuhkan dengan bentuk suntik.  Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui perlu mewaspadai penggunaan Dopamin. Berkonsultasi pada dokter adalah pilihan yang tepat.

Dosis Dopamine

Dosis dopamine untuk tiap pasien berbeda-beda takarannya. Dosis biasanya ditentukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan penyakit dan respons tubuh yang diberikan oleh pasien. Selain tingkat keparahan penyakit dan respon tubuh, dosis dopamine juga ditentukan oleh dokter berdasarkan berat badan, usia dan jenis kelamin pasien.

Aturan Penggunaan Dopamin yang Benar

Penggunaan Dopamine yang benar adalah menggunakannya sesuai dengan anjuran dokter agar efektivitas dopamine dapat selalu terpantau. Dokter akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk menyuntikkan dosis dopamine yang sesuai. Hal ini dikarenakan Dopamine adalah salah satu jenis obat keras di mana prosedur penyuntikan ditentukan juga dilakukan oleh dokter secara langsung.

Bahaya Dopamine dan Efek Samping

Reaksi yang didapatkan dari pengguna Dopamine biasanya berbeda-beda tergantung kondisi tubuh penderita tersebut. Beberapa efek samping dopamine yang umumnya terjadi antara lain aritmia atau detak jantung tidak beraturan; mual dan muntah, sakit kepala,takiaritmia, angina atau nyeri dada, palpitasi atau debar-debar, dispnea atau sesak napas, hipotensi, vasokonstriksi (penyempitan rongga pembuluh darah arteri karenakan kontraksi otot-otot dinding pembuluh darah), azotemia (peningkatan kadar kreatinin ureum di dalam darah), bradikardia (penurunan detak jantung), piloereksi atau merinding, gangren (proses pembusukan jaringan tubuh yang membahayakan bagi jiwa), hipertensi, nekrosis atau kematian sel tubuh, Iskemia perifer atau keadaan dimana anggota tubuh bagian tepi kekurangan asupan nutrisi karena menurunnya aliran darah, nyeri perut, flebitis (proses peradangan pada kaki karena adanya penyumbatan pada pembuluh vena di dalam jaringan otot manusia), dan terakhir Ileus paralitik (kelumpuhan gerakan usus).

Peringatan Penggunaan

Dopamine meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesembuhan. Obat ini juga berbahaya bagi orang-orang yang memiliki jenis penyakit tertentu.

Mereka yang perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi Dopamine adalah ibu hamil dan menyusui, mereka yang sedang menderita kekurangan volume darah yang belum terkoreksi, detak jantung saat istirahat lebih dari normal dan kontraksi otot ruang jantung ventrikel tidak beraturan belum terkoreksi, feokromositoma, penderita hipertiroid (fungsi berlebihan dari kelenjar tiroid), penderita yang pernah mengalami serangan jantung (infark miokard akut), penderita hipertensi, penderita aterosklerosis, penderita kelainan pembuluh darah oklusif (penyumbatan pembuluh darah), dan penyakit Raynaud (penyempitan pembuluh darah di area jari kaki dan tangan tanpa penyebab yang jelas).

Domanine adalah obat yang berguna sekaligus berbahaya bagi tubuh. Jika Anda berniat untuk menggunakan Dopamine, mintalah saran dokter dan apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis segeralah temui dokter.
Itulah yang bisa kami sampai kan Fungsi, Dosis, Bahaya & Aturan Penggunaan Obat Dopamine, selaku penulis web trussehat.blogspot.com semoga bisa sampe kepada pembaca , semoga pembaca merasa senang dan bisa bermanfaat.
Fungsi, Dosis, Bahaya & Aturan Penggunaan Obat Dopamine Fungsi, Dosis, Bahaya & Aturan Penggunaan Obat Dopamine Reviewed by Unknown on 13:43 Rating: 5

1 comment:

  1. Jadi memang seharusnya butuh saran dokter ya mas ketimbang keliru

    ReplyDelete

Powered by Blogger.