5 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami, Mudah, dan Cepat

TERUS SEHAT - Pilek atau Flu merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada semua usis. Bayi, remaja, dewasa, maupun lansia pasti juga bisa terkena pilek. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menjengkelkan, akibat penyakit ini kita menjadi tidak semangat dalam mengerjakan sesuatu. Penyakit ini dapat menular lewat udara, kontak langsung maupun lewat perantara seperti fasilitas umum.

Cara Mengatasi Pilek
Gejala pilek biasanya seperti bersin, batuk, hidung meler, demam, dan juga sakit kepala. Ada banyak orang yang berusaha untuk menyembuhkan penyakit pilek baik menggunakan obat pilek alami maupun kimia. Berikut cara mengatasi flu dengan alami, mudah, dan cepat.

1. Berkumur dengan air bersih

Cobalah untuk sering berkumur menggunakan air bersih atau air mineral. Orang yang berkumur kurang lebih 4 kali sehari, maka ia merupakan orang yang memiliki resiko terkena penyakit pilek. Dengan berkumur akan membantu mengeluarka lendir dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan. Bagian ini termasuk bagian yang mudah untuk perkembangan virus. 


2. Minum teh hangat

Meminum secangkir teh hangat ternyata juga dapat membantu menyembuhkan penyakit pilek. Hal tersebut ternyata benar, teh hangat mengandung senyawa polifenolyang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi juga jaangan meminum teh secara berlebihan karena juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Istirahat malam

Ketika anda sedang terserang penyakit pilek dan terpaksa harus melakukan aktivitas di siang hari, maka gunakanlah waktu malah hari anda untuk beristirahat. Tidur malam sangat baik untuk memulihkan konisi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4.Tidur menggunakan bantal yang tinggi

Tidur menggunakan bantal yang tinggi juga termasuk cara mengatasi pilek. Ketika anda terkena pilek, maka hidung dan tenggorokan anda akan terasa tidak nyaman. Dengan tidur dengan bantal yang lebih tinggi akan membantu mengalirkan cairan dari hidung, cairan atau lendir yang keluar akan membantu mengatasi infeksi dengan lebih cepat.

5. Minum air mineral yang cukup

Perbanyaklah minum air mineral saat anda terkena penyakit pilek, karena air minerah dapat mencegah tubuh anda terkena dehidrasi. Air mineral juga akan membantu anda melawan penyakit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air mineral ini juga akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari tenggorokan dan hidung.

Pola hidup memang cukup penting untuk mencegah penyakit pilek.Melakukan pencegahan lebih baik daripada melakukan pengobatan, berhati hatilah karena penyakit ini bisa menyerang dan menular kepada siapa saja dan juga kapan saja.

5 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami, Mudah, dan Cepat 5 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami, Mudah, dan Cepat Reviewed by Ikut Pintar on 01:58 Rating: 5

16 comments:

  1. Nih penyakit nyebelin banger, tiba Tiba dateng , tiba Tina ngilang

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat bermanfaat, thanks

    ReplyDelete
  3. flu memang sangat menganggu sekali .. dan gampang teserang lagi kalo ;agi berganti musim

    ReplyDelete
  4. saya coba kompres air hangat sama balsem di dahi sambil dipijit

    ReplyDelete
  5. Teoat waktu bgt, lgi pda byk yg pilek, share ttg pilek, makasih y gan

    ReplyDelete
  6. ini harus tau nih

    ReplyDelete
  7. oh gitu ya caranya min supaya pileknya reda. ketambah akhir -akhir ini cuaca lagi berubah dengan cepat. kadang panas kadang hujan tiba tiba

    ReplyDelete
  8. akhir-akhir ini sering flu, boleh dicoba tips2nya
    makasih gan

    ReplyDelete
  9. Kadang bantalnya memang nggak saya tinggiin, ternyata ada efek bagusnya buat pilek

    ReplyDelete
  10. Belom pernah nyoba tidur pake bantal yang tinggi waktu pilek, entar nyoba ah

    ReplyDelete
  11. Jaga daya tahan tubuh dg cara makan secara teratur dan perbanyak minum air putih manjur sih kalo saya

    ReplyDelete
  12. mskdih infomrmsihnya min , soalnya malas minum obat gua heheh

    ReplyDelete
  13. Kalo udah kena flu lama ilangnya ;(

    ReplyDelete
  14. Penyakit pilek termasuk dalam penyakit yang ringan. Penanganannya juga mudah, minum air hangat juga sembuh, dibiarkan juga kadang-kadang sembuh sendiri.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.