7 Cara Ampuh Obati Sakit Gigi

TERUS SEHAT - Di dalam gigi ada namanya pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, dan saraf-saraf yang sensitif. Sakit gigi dapat terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Terkadang peradangan tersebut cukup parah, sehingga menyebabkan munculnya rasa linu, nyeri, dan bengkak di sekitar area gigi.


Peradangan itu sendiri dapat disebabkan karena berbagai faktor, antara lain adanya penumpukan nanah di bagian dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal), gigi retak, penyusutan gusi, kerusakan gigi yang menyebabkan lubang, rusaknya tambalan, dan gigi yang terjepit antara gigi lainnya ketika tumbuh.

Mereka yang menderita sakit gigi berlubang biasanya akan mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan sampai demam. Tingkat keparahan nyeri sendiri cukup bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Dan menurut kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara terus-menerus (konstan) atau berulang-ulang.

Saya sendiri termasuk penderita sakit gigi berlubang. Ketika makan, rasa nyeri dan ngilu kadang muncul menyiksa. Terutama ketika mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, disaat musim dingin seperti malam hari kadang rasa nyeri tersebut semakin parah dan menjadi-jadi, sehingga menyebabkan saya susah tidur malam hari.

Akan tetapi kamu tak perlu cemas, sebab kali ini saya akan mencoba share cara mengatasi sakit gigi berlubang secara alami. Ada banyak kok obat sakit gigi berlubang yang bisa kamu coba. Masing-masing obat gigi tradisional tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami itu? berikut informasi selengkapnya.

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

2. Kumur Dengan Air Asin Hangat 

Sakit gigi bisa jadi karena peradangan sekitar gigi dan infeksi ringan, untuk membantu mengatasi hal ini berkumurlah dengan air asin hangat. Caranya sediakan air hangat setengah gelas tambahkan garam dapur seperempat sendok makan lalu aduk hingga rata. Larutan kemudian digunakan untuk berkumur selama 30-60 detik, beberapa kali sehari.


3. Jeruk nipis

Nipis sebetulnya masih termasuk kedalam keluarga buah jeruk. Cuman, rasanya cukup masam sehingga sangat jarang yang mengonsumsinya langsung, paling-paling jeruk ini dibuat dalam bentuk minuman jus. Jeruk nipis mengandung senyawa antibiotik alami yang dapat meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri.

4. Cengkeh

Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena Cengkeh ini memiliki anti - inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelin pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurin beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.

5. Lada

Lada akan Obat sangat berguna ketika gigi sangat sensitif. caranya Ambil merica dan garam dengan jumah yang sama terus campurkan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Lalu Oleskan pasta langsung pada gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Kalau perlu Ulangi kegiatan ini setiap hari hingga beberapa hari hingga sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang berkurang.

6. Biji asam jawa

Biji asam Jawa sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi berlubang secara tradisional. Biji-bijian satu ini mampu menyerap dan membunuh bakteri pada area sekitar gigi. Bahkan ia juga berkhasiat meredakan nyeri dan ngilu berlebihan di sekitar gigi.


7. Daun jambu biji

Daun jambu biji ternyata juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya kalian cukup Kunyah satu atau dua lembar . terus gosokkin pada gigi yang sakit Atau bisa juga masak dan tambahakan garam sampai mendidih 4-5 daun jambu biji pada segelas air.

Seperti itulah 7 cara mengobati sakit gigi berlubang dalam cara sederhananya. And inget yah, cara diatas cuman pengobatan sementara yang dapat kalian lakuin untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Untuk lebih serius check up kedokter gigi terdekat.
7 Cara Ampuh Obati Sakit Gigi 7 Cara Ampuh Obati Sakit Gigi Reviewed by Ikut Pintar on 01:12 Rating: 5

8 comments:

  1. Ternyata buat ngobati sakit gigi itu mudah ya,, good info..

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada obat herbalnya juga ,, mantep

    ReplyDelete
  3. pake jeruk nipis bisa ngobatin skt gigi ya? saya kalo makan yang asem-asem gitu suka ngilu.

    ReplyDelete
  4. hehe, bakalan bersahabat sama bawang putih ini. btw, makasih infonya gan..

    ReplyDelete
  5. tapi aku gasuka bawnag putih :(

    ReplyDelete
  6. wah cocok nih buat ngatasi sakit gigi ane :3 syukur-syukur bisa ngatasin sakit hati ane :3

    ReplyDelete
  7. Yang nomer 2 itu saya masih sering lakuin pke air anget

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah gan ane jarang sakit gigi hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.