Ciri Ciri Penyebab dan Penanganan Rabies

Pengobatan Rabies - Pengertian rabies. Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh ingeksi, dan infekti tersebut disebabkan oleh virus rabies. Seseorang akan terkena penyakit rabies apabila tergigit oleh hewan yang terinfeksi. Hewan rabies biasanya adalah hewan liar, seperti ragung, sigung, kelelawar, dan rubah.

Seseorang yang telah terserang rabies dan tidak ditangani secara cepat akan berakibat fatal. Hal ini bisa juga ditagani dengan vaksin anti rabies. Penyakit rabies ini biasanya terjadi pada anak anak umur di bawah 15 tahun. 


Ciri ciri gejala rabies

Jangka waktu dari infeksi virus rabies tidaklah lama, hanya berkisar dalam waktu 35 sampai 65 hari. Gejala walnya hanya terlihat seperti penyakit biasa seperti demam, sakit kepala, dan merasa letih.. Selain itu juga kehilangan nafsu makan, perut terasa mual, hal ini akan berlangsung selama 3-4 hari.

Jika seseorang telah mengalami ciri ciri diatas, sebeinya secepatnya untuk ditangi dengan cepat dan benar. Apabila bila rabies tidak segera diobati, akan mengakibatkan koma, kejang, dan mungkin akan mengakibatkan kematian pada level rabies tertentu.

Penyebab rabies

Penyebab utama rabies adalah virus yang bernama rhadovirus yang terkandung pada liur hewan yang terinfeksi. Hewan yang telah terinfeksi dapat menyebarkan virus dengan cara mengigit hewan lain atau menggigit manusia secara langsung. Pada suatu penelitian, penyakit rabies dapat menyebar lewat air liur yang masuk ke dalam luka terbuka. Hal ini dapat terjadi apabila hewan yang terinfeksi menjilat luka yang terbuka.

Penanganan penyakit rabies

Apabila seseorag telah tergigit hewan yang terinfeksi rabies, secepatnya besihkan luka gigitan tersebur sampai benar benar bersih dari air liur hewan tersebut dengan cara menggunakan air dan sabun, bisa juga ditambah dengan providone-iodine atau sejenisnya.

Berikan HRIG satu kali selama proses pengobatan, suntikan dosis didekat luka secara bertahap. berikan juga HDCV sebanyak 5 dosis pada hari ke 0,3,7,14, dan 28. Pengobatan harus dilakukan nsecara rutin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kiat menghindari rabies

Menjaga diri kita sendiri dan juga keluarga kita dari rabies sebenarnya buka sesuatu yang sulit. Namun uga tidak dengan cara sembarangan untuk bisa menghindari virus rabies ini, tidak lebas juga dari pola kehidupan sehari hari. Jika kerluarg anda tinggal di daerah desa pelosok yang belum terbebas dai virus rabies, usahakan janganlah menyentuh hewan sembarangan, apalagi sampai tergigit. Sosialisasikan kepada warga dan juga keluarha bahaya akan memelihara hewan liar beserta alasan yang akurat.

Jika terjadi luka pada seseorang tanyakan dengan jelas dari mana luka tersebut berasal. Dan tanganilah dengan cara tepat.Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Ciri Ciri Penyebab dan Penanganan Rabies Ciri Ciri Penyebab dan Penanganan Rabies Reviewed by Ikut Pintar on 06:53 Rating: 5

4 comments:

  1. Hrus brhati2 trhdap hwan2 di atas dan brusaha mnjaga diri 👍

    ReplyDelete
  2. Rabies memang bahaya kalo tidak cepat ditangani, Info yang bermanfaat gan

    ReplyDelete
  3. Ngeri juga ya, jangan sampe lah kena rabies,btw nice informasinya gan ☺

    ReplyDelete
  4. Nice info nih gan. Ngeri juga nih kalau terkena rabies. Oiya gan, adakah cara alami untuk mengobati penyakit rabies ini gan?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.